Pernahkan anda menanam sesuatu, kemudian mengabadikannya. Dari kecil sampai terlihat sangat besar. Begitu anda melihat perubahan dan hasil yang sudah dilakukan selama ini, maka batin anda akan merasa sangat puas. Puas sekali. Senang. Dan tidak menyangka. Ternyata sudah cukup lama kami melakukannya.

Itulah yang kami rasakan, ketika mengetahui, tahun dan umur berapa tanaman kami. Semula padang jembrang. Tak ada satupun tanaman. Hanya pohon jati, yang sudah terpotong dan rerumputan. Kami memulainya dengan menanm mangga, tiga pohon mangga gadung dan dua pohon mangga manalagi. Tapi lama kelamaan, yang manalagi sepertinya berubah menjadi gadung. Semoga tidak terjadi. 

Itu dulu, 3 tahun yang lalu. Sejarah yang panjang. Kini sudah tumbuh besar, dan Insya Allah sebentar lagi akan berbuah.

Selain mangga kita juga menanam pohon pisang. Pohon yang ditanam langsung dengan tangannya Bapak Martahid. Bismillah semoga barokah. Alhamdulillah Allah mengambulkan permohonan kita semua. Kini pisang itu semakin banyak, dan buahnya sudah sangat banyak sekali, kami bagi-bagikan, tetangga dan sanak saudara. Tak terhitung sudah kesekian kalinya kita panen.